Connect with us

Berita

Kpw Bank Indonesia Pematangsiantar Bersama Responden Survei dan Liaison In Depth Interview

Published

on

Acara Temu Responden Survei dan Liaison In Depth Interview pada hari Minggu (11/3) yang dilangsungkan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar berlangsusng sukses.

Dalam sambutannya, Elly Tjan, selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar menyatakan bahwa kegiatan survei dan liaison memiliki fungsi strategis dalam pencapaian tujuan tunggal Bank Indonesia.Yakni mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah.

Dalam rangka mendukung tugas pokoknya, Bank Indonesia membutuhkan informasi dini mengenai aktivitas perkembangan harga yang di antaranya dilakukan melalui Survei Pemantauan Harga (SPH) mingguan, survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang dilakukan secara harian serta survei PIHPS Pedagang Besar yang dilakukan secara mingguan.

Tidak hanya itu, untuk mengetahui perkembangan ekonomi terkini di sektor riil, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar juga melakukan Survei Kondisi Dunia Usaha (SKDU) dan kegiatan Liaison (in depth interview) kepada pelaku usaha di sektor ekonomi utama.

Informasi dini tersebut akan menjadi salah satu masukan dalam memformulasikan kebijakan moneter serta sebagai bahan informasi dalam mendukung Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR).

KPw BI Pematangsiantar telah melaksanakan Survei Pemantauan Harga sejak tahun 2012 kepada responden yang tersebar di pasar tradisional, pasar modern serta penyedia jasa di kota Pematangsiantar.

Sementara untuk PIHPS dilakukan sejak 2017 khusus untuk 10 komoditas pangan strategis penyumbang inflasi. Informasi harga tersebut dapat diakses melalui aplikasi Harga Pangan yang dapat diunduh di smart phone. Tidak hanya itu, informasi harga pangan saat ini juga dapat diakses untuk tingkat harga Pedagang Besar/Distributor.

Ke depannya, Bank Indonesia sedang merancang informasi harga pangan pada tingkat produsen. Selain indikator dini mengenai perkembangan harga, Bank Indonesia juga memerlukan indikator mengenai perkembangan usaha di sektor riil yang dilakukan melalui Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) dan Liaison.

Kegiatan SKDU dilakukan secara triwulanan kepada pelaku usaha di seluruh sektor ekonomi, yang mencakup kondisi usaha pada triwulan berjalan dan perkiraan di triwulan yang akan datang. Sementara kegiatan liaison merupakan kegiatan yang berbentuk wawancara langsung kepada berbagai pelaku usaha di sektor ekonomi utama di wilayah kerja KPw BI Pematangsiantar.

Pelaksanaan kegiatan temu responden ini merupakan yang kelima kalinya diadakan Bank Indonesia untuk responden survei dan liaison. Kegiatan ini menjadi sebuah agenda tahunan yang mempunyai arti strategis bagi Bank Indonesia. Pada acara temu responden tahun ini, Bank Indonesia turut menyampaikan materi Kebanksentralan dan memaparkan arti penting survei dan informasi yang diberikan oleh responden dalam pengambilan kebijakan Bank Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini, surveyor Bank Indonesia dari LPPM STIE Sultan Agung serta responden survei Bank Indonesia yang mewakili pelaku usaha, di antaranya PT. Inalum, Bridgestone Sumatera Rubber Estate, Hypermart, Ramayana, serta perhotelan di Pematangsiantar, yaitu Horison, Sapadia dan Grand Palm.
Unit Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar.

Sebagai wujud apresiasi kepada para responden, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar juga memberikan penghargaan Responden Terbaik untuk setiap survei yang dilakukan. Pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi Bank Indonesia atas kerjasama yang baik dari responden dalam pemberian dan penyampaian informasi yang dibutuhkan Bank Indonesia.

Ke depannya, selain menjadi ajang silahturahmi kepada Bapak/Ibu responden yang telah bersedia memberikan informasi kepada KPw BI Pematangsiantar, kegiatan ini juga sekaligus sebagai wadah untuk menjalin kemitraan yang lebih erat untuk mencapai kualitas informasi yang lebih optimal serta penyampaian komunikasi kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat. (Rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disarankan

KESEHATAN3 bulan ago

Mengukir Prestasi dan Gapai Cita-cita Bersama Pride Education Centre Pematangsiantar

Memasuki pertengahan tahun, menjadi hari dan masa yang sibuk bagi sejumlah orangtua. Pertengahan tahun di Indonesia menjadi awal Tahun Pelajaran...

Berita4 bulan ago

Edy Rahmayadi Harapkan Eramas Menang di Siantar

Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menghadiri Pelantikan Pengurus DPC, PAC dan Ranting Partai GERINDRA Kota Pematang Siantar Di Balai Rahmat...

Berita4 bulan ago

JR-Ance Tidak akan Kasasi Putusan PT TUN, Relawan Diminta Legowo

Menanggapi  putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) yang menyatakan gugatan JR-Ance prematur. Bakal calon Gubernur Sumatera Utara...

Berita4 bulan ago

Hari ini Budi Utari Siregar Sah Jadi Sekda Kota Pematangsiantar

Setelah sekian lama Kota Pematangsiantar tidak memiliki Sekda, akhirnya Kamis (29/3) sekitar pukul 15.00 WIB kota ini memiliki sekda definitif....

Berita4 bulan ago

Sumut Harus Gerak Cepat Dalam Pembangunan dan Pembenahan

Konsep Gerak Cepat yang digagas pasangan Calon Gubernur (cagub) dan Wakil Gubernur (cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat –...

Berita4 bulan ago

Pesona Keindahan Danau Toba Mengundang Kekaguman Istri Kapolri

Pesona keindahan alam Danau Toba di Sumatera Utara memang tak lagi diragukan.  Hal tersebut pula lah yang membuat nama Danau...

PILGUBSU4 bulan ago

Demokrat Siapkan Gugatan Praperadilan Pasca Penetapan JR Saragih Tersangka

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan, partainya menyiapkan langkah praperadilan seiring ditetapkannya JR Saragih, calon gubernur Sumatera Utara yang mereka...

SEREMONI4 bulan ago

Meningkatkan Pelayanan, Limabelas Kendaraan Roda Dua Untuk Bhabinkamtibmas Polres Simalungun

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH menyerahkan kendaraan dinas roda dua ke...


Segera hadir:

Trending