Connect with us

KULINER

Nostalgia dengan Roti Ketawa Sambo. Penganan Khas dari Siantar…

Published

on

Pulang ke Siantar atau singgah dan melintas dari kota yang dilabel toleran ini rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi dan berbelanja oleh -oleh penganan roti ketawa.

Bagi sebagian besar perantau yang kembali  ke Siantar, roti ketawa menjadi nostalgia masa kecil dan saat tumbuh dewasa di kota ini.

Roti Ketawa Sambo,  adalah salah satu produsen yang memproduksi dan memasarkan penganan khas Siantar ini.

Beralamat di Jalan Asahan sp. Sambo, Pematangsiantar. Tempat ini cukup banyak dikunjungi pembeli dalam kota maupun yang datang dari luar kota.

 

Penganan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula, dan bahan lainnya ini diolah dengan cara di goreng. Pemilik yang telah mempatenkan merek dagangnya ini menjelaskan, saat ini mereka menyediakan Roti Ketawa Sambo cap Ayam Roket dengen sejumlah varian rasa dan ukuran.

Untuk varian rasa, ada tiga pilihan yang dapat dinikmati, original, coklat, dan rasa pandan. Roti ketawa ukuran jumbo dikemas delapan biji per kemasannya.

Sementara ukuran besar sepuluh biji,  dan untuk ukuran sedang sebanyak 20 biji sementara untuk ukuran kecil dengan berat bersih 200 gram. Roti ketawa yang mereka produksi dijual dengan harga sepuluh ribu rupiah per bungkusnya.

 

Fresh from the oven- Sedikit berbeda dengan roti ketawa yang selama ini identik dengan tekstur keras. Roti Ketawa Sambo saat ini menyajikan roti ketawa dengan tekstur yang lebih lembut.

 

 

Hal ini sebelumnya melalui sejumlah eksperimen. Alhasil roti ketawa dengan tekstur lembut ternyata lebih digemari pembeli.

Awal berdirinya, sekitar tahun 2012 silam, pemilik yang selama ini memproduksi roti kelapa dan berbagai jenis roti lainnya mencoba memproduksi roti ketawa. Jenis roti  yang termasuk salah satu pengangan khas Siantar.

Hal tersebut pula lah yang akhirnya membuat pemilik memproduksi roti ketawa  dengan varian rasa baru.

“Awalnya kita hanya memprosuksi roto ketawa denga rasa original. Namun banyaknya permintaan dari pembeli untuk rasa yang lain yah kita berinovasi dan menambah dua rasa, coklat dan pandan,” jelas Calvin.

 

Produksi awal tidak begitu banyak, proses penjualannya pun begitu sederhana. Hanya di taruh di etalase di depan rumah. Namun seiring waktu, minat pembeli atas roti ketawa yang di produksinya pun makin tinggi.

Kini Roti Ketawa Sambo memperbesar kuantitas produksi dan gerai penjualan. Dari kelas rumahan, kini mereka telah beroperasi di  tiga  unit ruko, dengan parkiran yang  luas.

Meski jumlah permintaan sudah cukup banyak saat ini, pemilik masih memegang prinsip “fresh from the oven” atas prosuksi mereka.

Produksi sengaja dibatasi mengikuti pesanan dan jumlah stok roti yang masih tersedia di etalase. Meski roti ketawa dapat disimpab sampai sekitar 2 minggu. Rata-rata roti ketawa yang mereka produksi habis terjual di hari yang sama.

Selain di Jalan Asahan, Roti Ketawa Sambo saat ini telah membuka 2 cabang, Di jalan DI Panjaitan dan Jalan Medan,Pematangsiantar. Hal ini untuk memudahkan akses pembeli yang sedang melintas dari kota Pematangsiantar. (Vay)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disarankan

LIFE STYLE4 hari ago

Arisan Lovely Mom’s. Kumpulan Positif Emak-emak Zaman Now…

Era digital saat ini sedikit banyak mempengaruhi pola komunikasi antar insan. Banyak orang yang berada di suatu tempat yang sama,...

PILGUBSU6 hari ago

Prananda Paloh Buka Polling Pilgub Sumut di Halaman FB. Ditunggu Tujuh Hari Ini Hasilnya…

Politisi muda Indonesia, Prananda Paloh yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi Partai NasDem, seminggu...

KESEHATAN3 minggu ago

Dihadiri Ribuan Masyarakat, Perayaan Natal Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2017 Berlangsung Khidmat

Ketua BKAG (Badan Kerja Sama Antar Gereja) Pematangsiantar Tenden Simanjuntak S.th menyampaikan, agar umat mendoakan pemerintah. Ia pun  meminta penunjukan...

Berita4 minggu ago

Polres Simalungun Terima Bantuan CSR dari BRI Pematangsiantar

Rombongan yang terdiri dari Pemimpin cabang BRI Kota Pematangsiantar Sufiani Jalil, SPO Bernard Sipayung, RM Funding Jimmy J. Sipayung dan...

Berita4 minggu ago

Danrem 022/PT Hadiri Perayaan Natal Oikoumene Kota Pematang Siantar Tahun 2017

Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Arm Khoirul Hadi, S.E, menghadiri Perayaan Natal Oikoumene Kota Pematang Siantar Tahun 2017 yang...

Berita4 minggu ago

Polisi Pasang Papan Himbauan di Sepanjang Jalan Alternatif Menuju Danau Toba

Antisipasi kemacetan lalu lintas dalam rangka hari libur perayaan natal dan tahun baru, Polres Simalungun  adakan tindakan Deskresi Kepolisian. Polres...

Headline4 minggu ago

Ketua BKAG Siantar Minta Lahan Pemakaman Umum Bagi Umat Kristen

Ketua BKAG (Badan Kerja Sama Antar Gereja) Pematangsiantar,  Tenden Simanjuntak S.th menyampaikan agar umat mendoakan pemerintah. Ia pun  meminta penunjukan...

SEREMONI1 bulan ago

Amankan Natal Dan Tahun Baru, Polisi Gelar Operasi Lilin 2017 Di Simalungun Selama 10 Hari …

Operasi Lilin 2017 ini membawa tema “KITA SINERGIKAN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG PROMOTER KEPADA MASYARAKAT KABUPATEN SIMALUNGUN”. Hadir dalam kegiatan...


Segera hadir:

Trending