Connect with us

Berita

Semarak Kemerdekaan, Lions Club Siantar  Akan Gelar Aksi Donor Darah dan Stop Diabetes

Published

on

Sejak berdiri di Pematangsiantar pada tahun 1994 silam, Lions Club Siantar sebagai salah satu  organisasi yang bergerak dalam bidang pengabdian masyarakat ini terus menjalankan aksi sosial. Sejumlah aksi kemanusiaan kerap mereka gelar, tanpa membedakan suku, ras , agama dan golongan.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan rasa nasionalisme dalam menyemarakkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, Lions Club Siantar akan menggelar aksi donor darah dan stop diabetes pada Minggu 27 Agustus 2017. Berlokasi di Yayasan Perguruan Sultan Agung, Jalan Surabaya, kegiatan ini diselenggarakan dengan kerjasama yang dijalin bersama Palang Merah Indonesia(PMI ) Pematangsiantar.

Disampaikan Sekretaris Lions Club Siantar, Johan Sunarko, bahwa akan ada dua kegiatan yang akan mereka gelar, donor darah dan stop diabetes. Ia juga menjelaskan  bahwa kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum, dimana darah yang didonorkan akan disumbangkan ke PMI Pematangsiantar. Sementara bagi warga yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya terkait diabetes dan kadar gula darah, pihak Lions Club  menyelenggarakan cek kadar gula darah gratis. Kegiatan  stop diabetes ini ini dikordinir oleh Lion Suangma yang lebih dikenal dr Anggiat Siregar.

“ Sebagai bentuk rasa Nasionalisme kita dalam menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan, kita sebagai organisasi yang berlatar belakang pengabdian masyarakat menggelar acara donor darah dan aksi stop diabetes,” jelas Johan.

Ditemui di sela- sela persiapan kegiatan, Lion Yusuf yang mendapat tanggung jawab sebagai ketua panitia donor darah menyampaikan, kegiatan tersebut dilangsungkan  atas rasa kepedulian Lions Club, mengingat tingginya kebutuhan darah di Pematangsiantar. Menurut informasi yang mereka dapat, saat ini Pematangsiantar saat ini membutuhkan sedikitnya 600 kantong darah setiap bulannya.

“ Ada sekitar 600 kantong  darah setiap bulannya kebutuhan darah di Pematangsiantar, dengan kegiatan yang kita gelar nanti diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah bagi saudara kita yang membutuhkan,” sebut Yusuf.

Ditambahkannya, hal tersebut adalah bentuk kepedulian dan rasa kebangsaan,  dimana melalui aksi ini diharapkan  dapat member sumbangsih kepada negeri. Dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan jiwa sosial bagi masyarakat.

Kegiatan ini pun akan digelar mulai pukul 08.00 WIB hingga puukul 13.00 WIB, bagi warga masyarakat yang ingin ikut mendonorkan darahnya diundang untuk hadir ke Yayasan Perguruan Sultan Agung pada hari Minggu nanti. Bagi para pendonor, pihak Lions Club juga akan memberikan souvenir cindera mata sebagai ucapan terimakasih.

Johan Sunarko  juga menyampaikan  saat ini  Lions Club Siantar dipimpin oleh  Taruna Wijaya(Yap Seng Tat) sebagai presiden, Wartini Zeng sebagai bendahara, dan ia sendiri sebagai sekretaris.

Selain cek kesehatan tentang kadar gula darah,Stop Diabetes, salah satu kegiatan yang digelar nanti juga akan diisi dengan kegiatan edukasi. Dimana peserta dan pengunjung akan diedukasi tentang gejala, tanda maupun pencegahan penyakit diabetes dengan pola hidup sehat dan seimbang.

Kegiatan Stop Diabetes yang  dikordinir oleh dr. Anggiat Siregar dan mendapat dukungan dari Lion Gunadi  yang juga berprofesi sebagai dokter menjabat  Ketua Komite Stop Diabetes di  Lions Club Distrik 307A2 Indonesia bagian barat. Di bawah naungan  Distric Governor yang dipimpin Henry Amianco Thee.

Sebelumnya diketahui Lions Club Siantar  sangat concern dengan sejumlah bakti sosial. Berbagai kegiatan telah mereka gelar sebelumanya, mulai dari operasi katarak ,pemberian kacamata, pemberian kaki palsu gratis, pembagian masker, menyumbang dan menyambagi sejumlah panti asuhan dan panti rehabilitasi. Setiap tahunnya dalam berbagai hari besar keagaamaan, Lions Club Siantar selalu berbagi kepada warga kurang mampu. (Vay)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disarankan

KESEHATAN18 jam ago

Walikota Terima Audensi Ketua Pengurus MUI Tepilih Priode 2017-2022 Melalui Musda ke VI

Melalui Musda ke VI MUI kota Pematangsiantar yang digelar di gedung MUI Jalan Kartini nomor 6 A, pada hari Minggu...

SEREMONI19 jam ago

Festival Serbu Siantar Bakal Meriahkan Hari Jadi ke 147 Kota Pematangsiantar

Dalam rangka hari jadi kota Pematangsiantar ke 147 pada 24 April 2018 mendatang, pemerintah kota melalui dinas pariwisata, melaksanakan pertemuan...

Berita19 jam ago

Cegah Bahaya Narkoba Untuk Generasi yang Lebih Baik

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH, memberikan bimbingan dan penyuluhan mengenai Narkoba kepada para pelajar SMA dan SMP dari...

LIFE STYLE1 bulan ago

Arisan Lovely Mom’s. Kumpulan Positif Emak-emak Zaman Now…

Era digital saat ini sedikit banyak mempengaruhi pola komunikasi antar insan. Banyak orang yang berada di suatu tempat yang sama,...

PILGUBSU1 bulan ago

Prananda Paloh Buka Polling Pilgub Sumut di Halaman FB. Ditunggu Tujuh Hari Ini Hasilnya…

Politisi muda Indonesia, Prananda Paloh yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi Partai NasDem, seminggu...

KESEHATAN2 bulan ago

Dihadiri Ribuan Masyarakat, Perayaan Natal Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2017 Berlangsung Khidmat

Ketua BKAG (Badan Kerja Sama Antar Gereja) Pematangsiantar Tenden Simanjuntak S.th menyampaikan, agar umat mendoakan pemerintah. Ia pun  meminta penunjukan...

Berita2 bulan ago

Polres Simalungun Terima Bantuan CSR dari BRI Pematangsiantar

Rombongan yang terdiri dari Pemimpin cabang BRI Kota Pematangsiantar Sufiani Jalil, SPO Bernard Sipayung, RM Funding Jimmy J. Sipayung dan...

Berita2 bulan ago

Danrem 022/PT Hadiri Perayaan Natal Oikoumene Kota Pematang Siantar Tahun 2017

Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Arm Khoirul Hadi, S.E, menghadiri Perayaan Natal Oikoumene Kota Pematang Siantar Tahun 2017 yang...


Segera hadir:

Trending