Connect with us

Berita

Ratusan Warga Antusias Ikuti Donor Darah Lions Club

Published

on

Ratusan warga terlihat antuisas mengikuti kegiatan donor darah dan pengecekan kesehatan, kadar gula darah yang berlangsung  pada Minggu (27/8) di Yayasan Perguruan Sultan Agung, Jalan Surabaya Pematangsiantar.

Lebih darti seraus kantong darah dihasilkan dari aksi social ini, sesuai dengan rencana awal. Kantong darah ini akan disampaikan ke Palang Merah Indonesia, Pematangsiantar dan digunakan untuk yang membutuhkannya.

Selain dihadiri  anggota dan pengurus club Lions Club Siantar, tampak hadir sejumlah peserta dan pengunjung yang ikut berdonor  dari  Club OH5 Pematangsiantar. Kegiatan ini pun disaksikan pihak Palang Merah Indonesia.

Pada kesempatan ini Dr. Gunadi , mantan tenaga pengajar fakultas kedokteran Universitas Sumatera Utara  juga mengedukasi peserta tentang  pencegahan diabetes. Dalam pemaparannya dr. gunadi menjelaskan bahwa Diabetes adalah penyakit kronis (menahun) yang  terjadi ketika pancreas tidak memproduksi cukup insulin. Selain itu menurut  Ketua Komite Stop Diabetes Lions Club Distrik 307 A2 diabetes juga bisa ditandai dengan kadar gula darah di atas normal.

Kepala unit trasfusi darah PMI Pematangsiantar, dr Abadi Sinaga yang juga hadir dalam kegiatan ini menjelaskan saat ini Siantar miliki kebutuhan darah pada kisaran 600-700 kantung darah tiap bulannya. Sementara yang dapat dipenuhi dari pendonor sukarela sekitar 50 persen sampai 60 persen, selebihnya dari keluarga dan pendonor lain.

‘ Kita mengharapkan lebih banyak lagi organisasi yang mau mengadakan kegiatan seperti ini agar dapat membantu kebutuhan darah saat ini,” ujar dr Abadi Sinaga.

Sejak berdiri di Pematangsiantar pada tahun 1994 silam, Lions Club Siantar sebagai salah satu  organisasi yang bergerak dalam bidang pengabdian masyarakat ini terus menjalankan aksi sosial. Sejumlah aksi kemanusiaan kerap mereka gelar, tanpa membedakan suku, ras , agama dan golongan.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan rasa nasionalisme dalam menyemarakkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, Lions Club Siantar menggegelar aksi donor darah dan stop diabetes pada Minggu (27/8) sekitar pukul 08.00 sampai pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan dengan kerjasama yang dijalin bersama Palang Merah Indonesia(PMI ) Pematangsiantar.

Disampaikan Sekretaris Lions Club Siantar, Johan Sunarko, bahwa akan ada dua kegiatan yang akan mereka gelar, donor darah dan stop diabetes. Ia juga menjelaskan  bahwa kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum, dimana darah yang didonorkan akan disumbangkan ke PMI Pematangsiantar. Sementara bagi warga yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya terkait diabetes dan kadar gula darah, pihak Lions Club  menyelenggarakan cek kadar gula darah gratis.

“ Sebagai bentuk rasa Nasionalisme kita dalam menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan, kita sebagai organisasi yang berlatar belakang pengabdian masyarakat menggelar acara donor darah dan aksi stop diabetes,” jelas Johan.

Johan Sunarko  juga menyampaikan  saat ini  Lions Club Siantar dipimpin oleh  Taruna Wijaya(Yap Seng Tat) sebagai presiden, Wartini Zeng sebagai bendahara, dan ia sendiri sebagai sekretaris .

Ditemui di sela- sela kegiatan, Lion Yusuf yang mendapat tanggung jawab sebagai ketua panitia donor darah menyampaikan, kegiatan tersebut dilangsungkan  atas rasa kepedulian Lions Club, mengingat tingginya kebutuhan darah di Pematangsiantar. Menurut informasi yang mereka dapat, saat ini Pematangsiantar saat ini membutuhkan sedikitnya 600 kantong darah setiap bulannya.

Kegiatan Stop Diabetes yang  dikordinir oleh dr. Anggiat Siregar dan mendapat dukungan dari Lion Gunadi  yang juga berprofesi sebagai dokter menjabat  Ketua Komite Stop Diabetes di  Lions Club Distrik 307A2 Indonesia bagian barat. Di bawah naungan  Distric Governor yang dipimpin Henry Amianco Thee dan disaksikan oleh ketua daerah Distrik 307 A2, Johan Tjakra Surja.

Johan Tjakra Surja  menyampaikan semoga kegiatan seperti ini dapat kita laksanakan secara berkesinambungan.

Diketahui Lions Club Siantar  sangat concern dengan sejumlah bakti sosial. Berbagai kegiatan telah mereka gelar sebelumanya, mulai dari operasi katarak ,pemberian kacamata, pemberian kaki palsu gratis, pembagian masker, menyumbang dan menyambagi sejumlah panti asuhan dan panti rehabilitasi. Setiap tahunnya dalam berbagai hari besar keagaamaan, Lions Club Siantar selalu berbagi kepada warga kurang mampu. (Vay)

Foto:Dhev Fretes Bakkara

https://www.facebook.com/dhev.fretesbakkara 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disarankan

LIFE STYLE21 jam ago

Arisan Lovely Mom’s. Kumpulan Positif Emak-emak Zaman Now…

Era digital saat ini sedikit banyak mempengaruhi pola komunikasi antar insan. Banyak orang yang berada di suatu tempat yang sama,...

PILGUBSU3 hari ago

Prananda Paloh Buka Polling Pilgub Sumut di Halaman FB. Ditunggu Tujuh Hari Ini Hasilnya…

Politisi muda Indonesia, Prananda Paloh yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi Partai NasDem, seminggu...

KESEHATAN2 minggu ago

Dihadiri Ribuan Masyarakat, Perayaan Natal Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2017 Berlangsung Khidmat

Ketua BKAG (Badan Kerja Sama Antar Gereja) Pematangsiantar Tenden Simanjuntak S.th menyampaikan, agar umat mendoakan pemerintah. Ia pun  meminta penunjukan...

Berita3 minggu ago

Polres Simalungun Terima Bantuan CSR dari BRI Pematangsiantar

Rombongan yang terdiri dari Pemimpin cabang BRI Kota Pematangsiantar Sufiani Jalil, SPO Bernard Sipayung, RM Funding Jimmy J. Sipayung dan...

Berita3 minggu ago

Danrem 022/PT Hadiri Perayaan Natal Oikoumene Kota Pematang Siantar Tahun 2017

Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Arm Khoirul Hadi, S.E, menghadiri Perayaan Natal Oikoumene Kota Pematang Siantar Tahun 2017 yang...

Berita3 minggu ago

Polisi Pasang Papan Himbauan di Sepanjang Jalan Alternatif Menuju Danau Toba

Antisipasi kemacetan lalu lintas dalam rangka hari libur perayaan natal dan tahun baru, Polres Simalungun  adakan tindakan Deskresi Kepolisian. Polres...

Headline3 minggu ago

Ketua BKAG Siantar Minta Lahan Pemakaman Umum Bagi Umat Kristen

Ketua BKAG (Badan Kerja Sama Antar Gereja) Pematangsiantar,  Tenden Simanjuntak S.th menyampaikan agar umat mendoakan pemerintah. Ia pun  meminta penunjukan...

SEREMONI1 bulan ago

Amankan Natal Dan Tahun Baru, Polisi Gelar Operasi Lilin 2017 Di Simalungun Selama 10 Hari …

Operasi Lilin 2017 ini membawa tema “KITA SINERGIKAN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG PROMOTER KEPADA MASYARAKAT KABUPATEN SIMALUNGUN”. Hadir dalam kegiatan...


Segera hadir:

Trending